cari

21 April 2011

santai sejenak

santai sejenak di pinggiran purbalingga....yah capai setelah sekian lama nulis pakai bahasa inggris yang tak beraturan itu, sejenak bersantai dengan kembali ke bahasa indonesia.

tiba-tiba teringat ada beberapa monumen yang ada di purbalingga...beberapa diantaranya adalah berbentuk tugu, batu bertulis, dan ada yang berbentuk patung...hehe sebagian besar merupakan produk orde baru.


jika kita melewati jalan raya kalimanah, tepatnya di desa blater..dekat sungai  Ponggawa ada tugu yang tidak begitu tinggi. dan agak masuk ke dalam...tugu ini didedikasikan atas pertempuran sengit antara pejuang kemerdekaan melawan sisa tentara belanda, pertempuran ini terjadi pada kisaran tahun 1947-1948......konon, pejuang bertempur melawan tentara belanda dari sungai dan ada yang dari dekat bambu-bambu....banyak dari pejuang kita yang gugur namun hebatnya serangan pejuang kita juga berhasil menewaskan sebagian tentara belanda...walaupun akhirnya komando mundurpun dikomandokan.......demikianlah tugu perjuangan desa blater.

nah yang ini adalah yang biasa, dan toh baru beberapa tahun...
ada patung jenderal soedirman berdiri memandangi jalanan yang kira-kira menghadang semua orang dari arah purwokerto/sokaraja.....patung ini ada di dekat terminal purbalingga...yah, sebagai tugu selamat datang ke purbalingga,...

di depan patung Pak Dirman, tepatnya di halaman Polres Purbalingga, ada patung Gadjahmada yang secara bercanda seperti sedang menyetop bus...(maklum dekat terminal)...patung ini merupakan semangat polisi setempat dan melambangkan anggota polisi yang masuk kesatuan bhayangkara (pasukannya gadjahmada).....

kalau yang ini malah membuat semrawut jalan,....
patung pengrajin knalpot di persimpangan panjaitan-aw. sumarmo di sayangan purbalingga lor.....patung seperti perunggu itu ada di tengah jalan seolah-olah tak perduli pada lalu lintas yang semrawut dan penjual buah yang banyak di sebelah utara.

kalau yang ini kasihan,...
tugu mirip monas yang ada di kelurahan bancar ...tepatnya di depan gedung wanita dekat kodim...,.tugu ini seolah-olah menyepi dipinggir sungai klawing. padahal dahulunya tugu ini secara gagah ada di tengah persimpangan kodim....jadi, dulu kalau melihat tugu ini ditarik garis lurus bisa ke alun-alun purbalingga...konon tugu bancar yang asli dibuat sebelum monumen nasional /monas kalau tidak salah untuk peringatan hari kebangkitan nasional di era 1950-an (sayangnya yang asli dibongkar n dibuat replikanya di pinggiran sungai )

eh jadi ingat,...
kalau di gua lawa ada tuh patung kelelawar raksasa,...dilihat sepintas mirip dinosaurus yang bisa terbang (pteranodon) tapi lah ya udah....

oh iya, kalau di bobotsari mau masuk karang reja ada tuh tugu yang disebut tugu lancip...tugu ini sebenarnya sudah tua karena merupakan bangunan jaman belanda.

selain itu ada juga jembatan masa lalu, kalau orang belanda bilang brug...yang masih dipergunakan..sebagian awalnya merupakan jembatan kereta api ...beberapa contohnya antara lain..di desa wirasaba....ke purworejo-klampok banjarnegara,..kondisinya terawat, malah udah dipaving.....tapi hanya kendaraan berdua roda yang bisa masuk...kalau sepeda motor yah seikhlasnya ngasih sumbangan en dimasukin ke kotak amal yang dijaga bapak-bapak di pingiran...jembatan ini melintasi 10meteran di atas sungai serayu....yang oke sip kalau sore...

selain di wirasaba, ada juga jembatan yang melintasi sungai klawing di desa pegandekan (kemangkon) dan munthang (kalimanah)...kondisinya terawat pas jembatannya....tapi dari sisi pegandekan...cukup berat karena masih berupa jalan kereta api yang sekarang ditumbuhi rumput lebatt, padahal kalau pagi dan sore, jembatan ini begitu ramai dilewati pekerja pabrik dan anak sekolah yang mau beraktivitas (jadi grunjel-grunjel)

aah cukup dulu ah berhubung ingatan saya lagi kacau...
sekian dulu lah