cari

16 November 2009

selamat hari toilet se-dunia (19 nov)

pernah suatu ketika saya melihat seorang ibu dengan tergopoh-gopoh berlari ke luar sambil membawa anaknya, terus sang Ibu tadi mnyuruh anaknya untuk cepat kencing, nah keluarlah kencing itu membasahi tanah.

hal itu jika terpaksa kebelet atau terdesak lokasi tentu tak mengapa, tapi bila sudah kebiasaan tentu akan menjadi kebiasaan buruk, jika sudah agak gedean anak itu akan menganggap halaman sebagai toiletnya.wah bisa bau pesing dong, trus gedean lagi Ia akan kencing sembarangan misalnya mengencingi pohon atau ban mobilnya sendiri....hihihi biasanya dari awak PO atau awak Transportasi lain.

padahal hal itu sangat merugikan karena bibit penyakitnya tak kemana-mana, karena tak disiram, juga karena tidak cebok ....penyakit setia menyertaimu

sehatnya kalau kencing ya di toilet, disiram baik kencingnya maupun tempat pengeluarannya,......

selain untuk kencing, toilet juga untuk BAB atau buang air besar dimana ada WC dan baknya(untuk menyiram air). WC jaman dulu adalah berupa jamban helikopter atau bom toilet, tinja dijatuhkan langsung ke air.....wah ini gak sehat lah apalagi tidak etis toh.sekarang konstruksi jamban berupa leher angsa di bagian bawah, ( konstruksi, mempunyai pipa semen melengkung yang memungkinkan menyimpan air dalam jumlah tertentu, air ini untuk menutupi aroma tinja. Oleh karena hubungan antar tumpukan tinja dan udara tertutup lapisan air maka perlu diberi pipa pembuang gas (karena adanya aktifitas mikroba)
keuntungan, bau dapat dilokalisir melalui pipa saja, yang gunakan WC tak terganggu aroma pembusukan tinja, mengurangi penyebaran penyakit, lebih estetis dan etis. bagian atas terserah mau WC duduk apa jongkok, itu perkara kebiasaan saja.

trus, ada bagian yang disebut reservoir (bak penampung) yang adalah perpanjangan dan kesempurnaan leher angsa yang biasa disebut septik tank.

syarat pembuatan septik tank
  1. disemen dindingnya
  2. dihubungkan melalui pipa dg tabung resapan
  3. dibangun pada jarak lebih dari 10m dari sumur (jika punya tanah segitu)
  4. dilengkapi pipa pembuang gas
  5. tertutup rapat

syarat pembuatan resapan septik tank
  1. dibangun pada jarak>10m dari sumber air (jika memungkinkan)
  2. diberi penyaring (ijuk dan batu)

well, semoga semua orang makin sadar akan pentingnya toilet, baik itu kencing maupun BAB yaaaaa di toilet.