cari

16 November 2009

LSS (LINTAS SIRONGGE SENTUL), alternatif sentra boga di Purbalingga

apabila kita naik bus jurusan Pemalang tentu kita akan melewati daerah ini, LSS atau lintas sirongge sentul (bukan nama resmi sih ) ini merupakan jalan alihan supaya bus tidak masuk kota pada pagi sampai sore hari.

Sirongge merupakan nama daerah di kelurahan purbalingga lor dan sebagian di purbalingga kulon dan wirasana. ujung dari lintasan ini yang ada di perempatan sirongge di utara(dekat perempatan jl.AWS dan jalan Tentara Pelajar).

Sentul merupakan nama kelurahan, tepatnya Karangsentul, ujung akhir lintasan ini yang ada di daerah kandangmenjangan, perempatan yang biasa terlewati bila akan ke Purwokerto (jalur alternatif lewat Padamara, biasanya cah kuliah sering lewat sini).

selain dua titik tersebut , juga ditambah sebagian jalan MT Haryono sampai SMA Negeri 1 Purbalingga (kalau mau ya sampai pasar)

LSS,dulu sangat sepi karena isinya hanya sawah. tapi sekarang mulai 2007-2008 mulailah bermunculan berbagai jenis jasa boga, mulai dari warung kecil sampai restoran skala menengah yang menyediakan aneka jenis makanan, (yaa kebanyakan berupa makanan umum yang disuka masyarakat sekitar seperti ayam goreng samapi seafood).makanya pada 2010 mendatang wilayah ini diprediksi bakalan menjadi alternatif sentra makanan kelas atas, selain sentra makanan lain di Purbalingga yaiti Kya-Kya Mayong di jalan Wirasaba, yang adanya malam hari.

alasan mengapa mereka mendirikan restoran di situ, mungkin karena lokasinya yang strategis(dilewati bus dari utara-selatan dan dilewati jalur alternatif purbalingga-purwokerto di timur-barat),lokasinya yang asri karena dikelilingi sawah hijau nan menghampar, konon sawahnya sedang diusahakan juga pake bahan organik juga biar pas, selain itu juga karena adanya beberapa industri rambut yang bertebaran di sekelilingnya, beberapa kos-kosan siswa di krsentul, adanya perumahan-perumahan elit di sekitarnya (di sisi barat, gemuruh dan sisi timur Karsen indah) serta ikut serta mempopulerkan kawasan industri logam di sebelah timur...agak jauh (di sayangan dan purbalingga kulon)...kalau ini tidak sengaja msti, yang jelas LSS menjadi area yang pas untuk memilih makanan di Purbalingga dan sekitarnya, padahal pengunjungnya kebanyakan dari luaran daerah.

yang baru, sekarang adalah melebar ke jalan MT. Haryono (awalnya dari titik ini) sedang dikebut pengerjaanya restoran yang dikombinasikan kolam ikan, serta beberapa kios-kios di sisi utara MT. Haryono(dekat gudang Bulog) yaa ini imbas dari beberapa restoran itu.

well jika kamu-kamu sedang lewat dari Pemalang-Purbalingga, sengaja atau tidak pasti akan melewati LSS atau Lintas Sirongge Sentul. jika ada keinginan yaa why not to try.