cari

14 May 2008

mengapa tanah pertanian yang dipupuk urea terus menerus menjadi keras

ada beberapa alasan akaibat akumulasi dari 3 proses fisika, kimia dan biologi
  1. secara kimia, urea yang diberikan ke dalam tanah akan berubah menjadi amonium dan kemudian menjadi nitrat. dari proses itu akan dihasilkan ion H+ yang akan menyebabkan tanah menjadi asam. turunnya pH tanah menyebabkan sebagian kation bervalensi 2 dl tnh tergantikan ion H+ tadi(ion bervalensi 1) menyebabkan ikatan misel tanah menjadi tercerai sementara itu jika kationnya bervalensi 2 atau 3 miselnya terikat lebih erat. dengan kata lain jika banyak kation bervalensi 1 karena penurunan pH maka ikatan misel rapuh dan tanah menjadi padat.
  2. secara fisika, urea yang diberikan secara terus menerus menyebabkan penggunaan bahan organik berkurang akibat tnh ditanami terusmenerus. bahan organik berperan dalam penyelimutan misel tanah agar lebih stabil. misel tanah yang stabil membuat struktur tanah juga stabil yang selanjutnya membentuk rongga berisi udara ....tng mjd gembur, sebaliknya bahan organik berkurang struktur mjd tidak stabil dan tanah mjd padat.
  3. secara biologi, tanah yang pH-nya turun akibat pemberian urea terus menerus menyebabkan mikroorganisme tidak dapat berkembang dan mati. bahan organik sebagai penyuplai makanan mikroorganisme berkurang menyebabkan jumlahnya menurun juga, akibatnya rongga pada tanah menjadi berkurang . turunnya jumlah rongga tanah berarti tanah menjadi lebih keras.